Jenis-Jenis Komputer

Komputer berdasarkan penggunaannya ada beberapa jenis, saya akan menjelaskan beberapa jenis komputer berdasarkan penggunaanya. Berikut ini jenis-jenis komputer:
  1. Super Komputer
  2. Komputer Mainframe
  3. Komputer Workstation
  4. Mikrokomputer
  5. Mikrokontroller
1. Super Komputer
Superkomputer adalah sebuah komputer yang memimpin di dunia dalam kapasitas proses, terutama kecepatan penghitungan, pada awal perkenalannya. Superkomputer diperkenalkan pada tahun 1960-an, didesain oleh Seymour Cray di Control Data Corporation (CDC), memimpin di pasaran pada tahun 1970-an sampai Cray berhenti untuk membentuk perusahaanya sendiri, Cray Research.Dia kemudian mengambil pasaran superkomputer dengan desainnya, dalam keseluruhan menjadi pemimpin superkomputer selama 25 tahun (1965-1990). Pada tahun 1980an beberapa pesaing kecil memasuki pasar, yang bersamaan dengan penciptaan komputer mini dalam dekade sebelumnya. Sekarang ini, pasar superkomputer dipegang oleh IBM dan HP, meskipun Cray Inc. masih menspesialisasikan dalam pembuatan superkomputer. Super Komputer biasanya hanya digunakan oleh Negara, contoh.untuk perkiraan cuaca. Contohnya:

  • K komputer buatan jepang
  • TIANHE-IA buatan bangkok
  • JAGUAR buatan amerika serikat
  • IBM WATSON
Artist Rendition of Inspur-built Tianhe-2 Chinese Supercomputer


2 Komputer Mainframe
Mainframe dalam bahasa inggris merupakan istilah dari Teknologi Informasi yang mengacu pada kelas tertinggi dari suatu komputer yang terdiri dari beberapa komputer yang mampu melakukan banyak tugas komputasi rumit dalam jangka waktu yang sangat singkat. Mainframe pada umumnya banyak digunakan pengguna yang terkoneksi langsung dengan menggunakan terminal.

Ciri-ciri Komputer Mainframe
Adapun ciri-ciri komputer mainframe antara lain:
  • Processor yang dimiliki lebih dari satu, sehingga kecepatan prosesnya jauh lebih cepat dibandingkan dengan mini komputer.
  • Kecepatan kerja yang diimiliki mainframe mencapai 1 milyar operasi perdetik
  • Mampu mengakses dalam satu komputer pada saat yang bersamaan, yang dikenal dengan timesharing.

Contoh mainframe komputer: IBM System/360, IBMSystem (ESA)/390, Honeywell-Bull DPS 7.






IBM System/360

Mainframe merupakan komputer besar yang digunakan untuk memproses sebuah data dan aplikasi dalam jumlah yang besar. Umumnya digunakan oleh perusahaan atau organisasi yang menangani data seperti transaksi finansial, sensus, riset penelitian dan keperluan militer. Mainframe ini mampu menangani ratusan pengguna dalam waktu yang bersamaan.
Komputer jenis ini sangat mahal dan biasanya hanya perusahaan besar yang mampu menggunakannya.

3 Komputer Workstation
Komputer workstation berbeda dengan desktop komputer yang biasa kita gunakan sehari – hari. Perbedaannya adalah terletak pada spesifikasi hardware dan tujuan penggunaannya. Sebuah komputer workstation dioptimalkan untuk visualisasi dan manipulasi data yang kompleks seperti 3D mechanical design, engineering simulation (e.g. computational fluid dynamics), animasi, rendering video dan mathematical plots. Selain itu adapun syarat / rekomendasi sebuah komputer workstation yaitu :
  • Menggunakan RAM dengan fitur ECC
  • Processor multicore khusus workstation ( intel Xeon / AMD Opteron )
  • Kartu VGA / Grafis professional ( nVidia Quadro / Ati Firepro )
  • Sistem Operasi berbasis 64 bit
Contoh sebuah komputer workstation adalah Lenovo ThinkStation S20

Lenovo ThinkStation S20



4 Mikro Komputer
Komputer mikro (Inggris: microcomputer) adalah sebuah kelas komputer yang menggunakan mikroprosesor sebagai CPU utamanya. Komputer mikro juga dikenal sebagai Personal Computer (PC), Home Computer, atau Small-business Computer. Komputer mikro yang diletakkan di atas meja kerja dinamakan dengan desktop, sedangkan yang dapat dijinjing (portabel) dinamakan dengan Laptop, karena sering diletakkan di atas paha. Ketika komputer mikro pertama kali muncul ke pasaran, komputer jenis ini dianggap sebagai perangkat yang hanya digunakan oleh satu orang saja, yang mampu menangani informasi yang berukuran 4-bit, 8-bit, atau 16-bit (dibandingkan dengan minicomputer atau mainframe yang mampu menangani informasi lebih dari 32-bit) pada satu waktunya. Pengembangan lebih lanjut, menjadikan klasifikasi antara mainframe, minicomputer dan komputer mikro menjadi tidak relevan lagi, karena komputer mikro yang baru mampu menangani informasi 32-bit, atau 64-bit dalam satu waktunya, sama seperti halnya mainframe atau minicomputer. Selain itu, komputer mikro juga sekarang telah mendukung banyak pengguna dalam satu waktunya. komputer mikro didesain untuk digunakan di dalam rumah, sekolah, atau perkantoran.



Jenis-jenis Mikro Komputer
Berikut ini adalah beberapa jenis komputer mikro yang pernah beredar:
  • Altair 8800
  • Tandy TRS-80
  • IBM PC/kompatibel (Desktop)
  • IBM PC/kompatibel (Laptop)
  • Apple I
  • Apple II
  • Apple Lisa
  • Apple Macintosh
  • Apple iMac
  • Apple MacMini
  • Apple PowerMac
  • Apple PowerBook
  • Apple iBook
  • Apple MacBook
5. Mikrokontroller
Mikrokontroler adalah sebuah chip yang berfungsi sebagai pengontrol rangkaian elektronik dan umunya dapat menyimpan program didalamnya. Mikrokontroler adalah sebuah chip yang berfungsi sebagai pengontrol rangkaian elektronik dan umunya dapat menyimpan program did umumnya terdiri dari CPU (Central Processing Unit), memori, I/O tertentu dan unit pendukung seperti Analog-to-Digital Converter (ADC) yang sudah terintegrasi di dalamnya. Kelebihan utama dari mikrokontroler ialah tersedianya RAM dan peralatan I/O pendukung sehingga ukuran board mikrokontroler menjadi sangat ringkas. Mikrokontroler adalah sebuah chip yang berfungsi sebagai pengontrol rangkaian elektronik dan umunya dapat menyimpan program did MCS51 ialah mikrokomputer CMOS 8 bit dengan 4 KB Flash PEROM (Programmable and Erasable Only Memory) yang dapat dihapus dan ditulisi sebanyak 1000 kali. Mikrokontroler ini diproduksi dengan menggunakan teknologi high density non-volatile memory. Flash PEROM on-chip tersebut memungkinkan memori program untuk diprogram ulang dalam sistem (in-system programming) atau dengan menggunakan programmer non-volatile memory konvensional. Kombinasi CPU 8 bit serba guna dan Flash PEROM, menjadikan mikrokontroler MCS51 menjadi microcomputer handal yang fleksibel.



Mikrokontroler tersusun dalam satu chip dimana prosesor, memori, dan I/O terintegrasi menjadi satu kesatuan kontrol sistem sehingga mikrokontroler dapat dikatakan sebagai komputer mini yang dapat bekerja secara inovatif sesuai dengan kebutuhan sistem.
Mikrokontroler adalah suatu alat elektronika digital yang mempunyai masukan dan keluaran serta kendali dengan program yang bisa ditulis dan dihapus dengan cara khusus, cara kerja mikrokontroler sebenarnya membaca dan menulis data. Sekedar contoh, bayangkan diri Anda saat mulai belajar membaca dan menulis, ketika Anda sudah bisa melakukan hal itu Anda bisa membaca tulisan apapun baik buku, cerpen, artikel dan sebagainya, dan Andapun bisa pula menulis hal-hal sebaliknya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Program Percabangan IF, IF-ELSE dan NESTED IF pada C++

Nominal dan Verbal Sentence

Perbedaan Website E-Learning dan E-Commerce