Pengertian dan Cara Kerja Paypal

Paypal adalah merupakan satu alat pembayaran atau istilahnya Payment procesors dengan bertransaksi menggunakan jaringan internet dan merupakan alat pembayaran online terbanyak digunakan orang dan pastinya dengan jaminan keamanan yang tinggi. Pengguna paypal melalui media internet bisa langsung membeli berbagai macam barang di situs ebay.com, lisensi software original, keanggotaan situs, urusan dunia bisnis dan dapat melakukan pengiriman uang ke para pemilik akun Paypal di seluruh penjuru dunia.

Selain point utama tersebut masih banyak lagi fungsi lainnya. Paypal hadir untuk mengatasi masalah kekurangan-kekurangan dalam transaksi pengiriman uang secara tradisional seperti menggunakan Cek atau maupun Money order yang dalam prosesnya bisa memakan waktu yang cukup lama.

Apa Pengertian Paypal

Paypal dapat disamakan seperti kita mempunyai rekening bank secara online, pertama dengan membuat account, lalu mengisi account paypal tersebut dengan sumber dana dari kartu kredit yang bisa diterima oleh Paypal dan tidak lama anda langsung bisa menggunakan account Paypal anda untuk bertransaksi secara online. Oktober 2006 Paypal sudah menerima 103 negara dan sebanyak 16 jenis mata uang, namun pengguna Paypal Indonesia masih harus menggunakan dananya dari kartu kredit dalam perhitungan US dollar, karena hingga saat ini rupiah belum ada di Paypal.

Kenapa Harus Paypal: Kencederungan orang luar negri adalah sedikit ber-mobilitas, artinya mereka agak jarang yang suka keluar rumah atau harus antri ke bank. Mereka lebih cenderung milih bertransakasi lewat internet dan bisa di lakukan dengan mudah di rumah. Jadi itulah kenapa mereka suka menggunakan alat pembayaran dari Paypal.com.

Keuntungan Menggunakan Paypal: Perusahaan yang terpercaya. PayPal.com adalah salah satu perusahaan yang didirikan oleh Ebay.com (salah satu website jual beli terbesar di internet). Hampir 90% pembayaran online di Ebay.com dilakukan menggunakan PayPal.com, selain itu pemilik akun PayPal lebih merasa aman dan nyaman dalam bertransaksi, sebab sebagai seorang pembeli, nomor kartu kredit pemilik akun di paypal tidak akan diketahui oleh para penjual.

Cara Kerja Paypal:
Paypal menjadi perantara antara penjual dan pembeli. Ketika transaksi telah terjadi kesepakatan maka akan ada pembayaran menggunakan mata uang. Penjual dan pembeli yang berasal dari negara yang berbeda tentunya akan kesulitan menentukan bagaimana cara melakukan pembayaran yang praktis. Disitulah peran paypal hadir. Dia menjembatani keduanya dengan kedua penjual dan pembeli memiliki akun paypal maka pembayran layaknya dilakukan pada bank yang sama.

Pada setiap pemilik akun paypal haruslah memiliki sejumlah uang layaknya tabungan bank. Lalu darimana uang itu berasal? sama saja seperti saat kita menabugn di bank maka paypal harus diisi agar bisa digunakan untuk melakukan pembayaran. Pembiayaan paypal bisa berasal dari kartu kredit atau dari kiriman pihak lain. Yang kemudian nilainya di konversi kedalam dollar.

Paypal haruslah diverifiksi agar bisa digunakan. Yaitu agar pihak paypal juga memastikan bahwa akun tersebut meiliki sumber pembiayaan yang jelas. Akun di verifikasi dengan menyertakan nomor kartu kredit atau menggunakan VCC (kartu kredit virtual). Jika paypal di verifikasi menggunakan kartu kredit maka paypal dapat digunakan sewaktu-waktu dengan sumber dana dari kartu kredit yang diverifikasikan. Akan tetapi jika paypal diverifikasi menggunakan VCC maka sumber dana paypal hanya berasal dari akun tersebut. Jadi jika kamu memverifikasi paypal menggunakan VCC kamu hanya dapat melakukan pembelian dengan syarat jumlah uang dalam paypal mencukupi. Darimana agar dana mencukupi? kamu harus memiliki pekerjaan yang menerima paypal sebagai salah satu cara penggajian dan kemudian penggajian di kirimkan ke akun paypal kamu. Atau kamu menerima pengiriman dari akun paypal lain.
Keamanan paypal terjamin, terbukti dari pengguna paypal adalah situs belanja ternam sepaerti ebay. Selain itu paypal juga terpercaya sebagai broker online yang diakui oleh bank lokal di setiap negara. Sehingga kamu dapat meakukan penarikan uang paypal di bank lokal Indonesia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Program Percabangan IF, IF-ELSE dan NESTED IF pada C++

Nominal dan Verbal Sentence

Perbedaan Website E-Learning dan E-Commerce